Rabu, 29 April 2015

Gas Ideal

   Pengertian Gas Ideal
            Gas ideal terdiri atas molekul-molekul gas yang jarak antar molekulnya besar dan bebas bergerak ke segala arah sehingga selalu memenuhi ruangan yang ditempati. Gas yang memenuhi kriteria gas ideal harus berlaku hukum-hukum Newton tentang gerak, baik itu hukum Newton I, Hukum Newton II juga hukum Newton III yang biasa disebut hukum aksi reaksiPada dasarnya, yang dikatakan dengan gas ideal yakni sama dengan pengertian gas biasa pada umunya, hanya saja gas ideal artinya gas yang mencakup semua kriteria yang dimiliki oleh suatu gas.

2.      Hukum Dan Persamaan Gas Ideal
a.       Gambaran Gas Ideal
            Teori kinetik gas memberikan jembatan antara tinjauan gas secara mikroskopik dan makrokospik. Hukum-hukum gas seperti hukum Boyle, Charles, dan Gay Lussac, menunjukkan hubungan antara besaran-besaran makrokospik dari berbagai macam proses serta perumusannya.  

            Hasil percobaan Boyle menyatakan bahwa apabila suhu gas yang berada dalam bejana tertutup dipertahankan konstan, maka tekanan gas berbanding terbalik dengan volumenya.  Untuk gas yang berada dalam dua keadaan keseimbangan yang berbeda pada suhu konstan, diperoleh persamaan sebagai berikut. 

p1V1 = p2V2

Keterangan:

p1        :  tekanan gas pada keadaan 1 (N/m2)
p2        :  tekanan gas pada keadaan 2 (N/m2)
V1       :  volume gas pada keadaan 1 (m3)
V2       :  volume gas pada keadaan 2 (m3)


          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar