Kamis, 30 April 2015

Proses Isobarik, Isokorik, Isotermis, Adiabatik
(Fisikanesia). Gas dalam ruang tertutup dapat mengalami beberapa proses yaituproses isobarik, proses isokorik, proses isotermis, dan proses adiabatik.

·         Proses Isobarik: Proses yg berlangsung pada tekanan tetap dinamakan proses isobarik. Bila volume gas bertambah, berarti gas melakukan usaha atau usaha gas positif (proses ekspansi). Jika volume gas berkurang, berarti pada gas dilakukan usaha atau usaha gas negatif (proses kompresi).
·         Proses Isokorik: Proses isokorik adalah proses yg dialami oleh gas di mana gas tidak mengalami perubahan volume atau volume tetap. Oleh karena itu, usaha yg dilakukan gas pada proses isokorik adalah nol.
·         Proses Isotermis: Proses isotermas adalah proses yg dialami gas pada suhu tetap.
·         Proses Adiabatik: Pada proses isobarik, isotermis, dan isokorik dipengaruhi oleh lingkungan, yaitu menerima atau melepaskan kalor. Proses adiabatik merupakan proses yg tidak ada kalor yg masuk atau keluar dari sistem (gas) ke lingkungan. Hal ini dapat terjadi apabila terdapat sekat yg tidak menghantarkan kalor atau prosesnya berlangsung cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar